Rifki Nofriansyah Seorang remaja yang menyukai dunia teknologi, blogging dan ingin berbagi ilmu seputar game dan aplikasi

Cara Kalibrasi Baterai Android

3 min read

Cara Kalibrasi Baterai Android – Peramasalahan baterai smartphone yang sudah lama menjadi kendala yang sangat menggangu saat akan digunakan karena bisa berdampak eror dan juga bisa tiba tiba merestart sendiri.

Jika kalian merasa performa baterai kalian tidak lagi bagus atau bahkan menjadi sangat boros ini adalah saat yang tepat untuk kalian melakukan kalibrasi baterai.

Sebelum kalian melakukan kalibrasi baterai ada baik nya kalian harus mengetahui penyebab baterai menjadi boros atau performa nya menjadi lemot dan kurang efektif.

Ada beberapa sebab kenapa baterai cepat sekalia berkurang misal nya kecerahan layar yang tinggi, menggunakan atau bermain game saat sedang dicas, itu beberapa hal yang mungkin sangat berdampak pada kerusakan baterai smatphone kalian.

Bisa saja saat hp kalian dicas malah daya nya berkurang bukan bertambah ini bisa membuat hp kalian tiba tiba merestart dengan sendinya atau ngelak tidak bisa digerakkan.

Jika kalian ingin melakukan kalibrasi baterai ada baik nya kalian menyimak penjelasan yang ada dibawah ini.

Apa itu Kalibrasi Baterai?

Cara Kalibrasi Baterai Android

Didalam setiap sistem operasi handphone tentunya terdapat fitur yang memungkinkan kalian bisa melihat kapasitas baterai dan juga kesehatan baterai. Fitur itu disebut Battery Stat yang dimiliki hampir semua smartphone.

Battery Stat ini terdapat pada sistem oprasi Android maupun Ios yang memiliki fungsi memberikan tampilan statistik baterai pada Hanphone kalian.

Fitur ini tidak selama nya akan bekerja sebaik saat HP pertama kali kalian beli. Terkadang fitur ini bisa juga eror yang akan menampilkan statistik baterai yang salah. Misalnya saja dilayar tampilan kalian baterai menunjukan 25% akan tetapi berbeda dengan yang ada pada Battery Stat yang menunjukan 1%. Hal ini lah yang membuat Handphone kalian tiba tiba meti dengan sendirinya.

Download:  OGYoutube Apk

Fungsi dari kalibrasi baterai ini adalah untuk memperbaiki tampilan pada Battery Stat yang sebenarnya. Jadi apabila bateri kalian memang sudah rusak itu tidak bisa dibenerin melaikan kalian harus menggantinya.

Biasanya jika kalian memainkan game online seperti Mobile Legend atau PUBG Mobile itu sangat boros sekali pengguan baterai yang tentunya kalian akan memainkan game dengan posisi HP sambil dicas.

Inilah penyebab baterai menjadi rusak atau menggembung. Lain hal nya jika kalian menggunakan Hanphone untuk mengedit video dengan aplikasi seperti KineMater Pro ini tidak akan menguras baterai berlebihan.

Jika kalian mengelami masalah diatas seperti eror pada Battery Stat nya kalian bisa melakukan kalibrasi baterai dengan mengikuti langkah langkah yang ada dibawah ini.

1. Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root

Untuk melalukan kalibrasi secara manual ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan seperti yang ada dibawah ini.

  • Pertama – tama kalian harus mengisi daya smartphone kalian dan gunakan sampai bateri nya bener – benar habis atau sampai mati
  • Isi daya sampai terisi penuh 100% tanpa harus menghidupkan HP kalian
  • Lalu hidupkan Hp sampai menyala, Jika persentase baterai tidak sampai 100% kalian harus mengisi dayanya lagi sampai 100%
  • Jika sudah 100% lepaskan chager nya kemudian restart lagi
  • Apabila indikator baterai tidak 100% kalian harus mengulangi langkah – langkah diatas sampai benar – benar menunjukan indikator yang sama dengan Battery Stat.

Cara ini memang membutuhkan kesabaran yang ekstra karna kalian harus benar – benar teliti melakukan nya. Jika kalian tidak teliti kemungkinan indikator persentasi baterai kalian tidak akan kembari normal.

Akan tetapi yang paling terpenting adalah baterai kalian tidak eror lagi dan tidak boros saat digunakan nya.

Download:  Cara Resize PDF

Kalian harus melakukan hal diatas jika kalian bener bener harus melaukan nya, jangan melakukan hal diatas jika itu tidak butuhkan karena mungkin saja bisa menimbulkan efek negatif pada smartphone kalian.

2. Cara Kalibrasi Baterai Android dengan Root

Cara Kalibrasi Baterai Android
Root Checker Pro

Apabila kalian melakukan dengan cara yang kedua ini mungkin akan akan lebih mudah untuk dilakukan dibandingkan dengan cara manual yang sebelum nya sudah dijelaskan.

Kamu hanya membutuhkan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk kalibrasi baterai. Kalian hanya perlu mendownload aplikasi Root Checker Pro APK dengan Google PlayStore.

Jika kalian sudah yakin untuk melakukan rooting kalian bisa mengikuti langkah – langkah yang akan dijelaskan dibawah ini.

  • Yang harus kalian lakukan pertama kali adalah kalian harus mendownload aplikasi Battery Calibartion Disini
  • Jika kalian sudah mendownload aplikasi tersebut kalian tinggal instal dismartphone kalian.
  • Jika sudah kalian instal pastikan baterai smartphone kalian menunjukan indikator 100%
  • Restart smartphone dan langsung buka aplikasi Calibration.
  • Lalu gunakan sampai baterai habis dan isi daya nya lagi
  • Lalu sambil dicas buka aplikasi Calibration klik > Clibration
  • Selamat baterai kalian sudah selesai dikalibrasi.

Selalin Aplikasi Root Chacker Pro ini kalian juga bisa menggunakan aplikasi Current Widget: Battery Monitor yang sedikit berbeda langkahnya seperti dibawah ini.

  • Download Aplikasi Battery Monitor Disini
  • Instal dan tunggu hingga proses nya selesai
  • Isi daya posel kalian sampai penuh hingga 100%
  • Jika data aplikasi sudah menunjukan persentase yang normal berarti baterai kalian sudah selesai dikaliberasi
  • Lepaskan daya pengisian baterai dan smatphone kalian siap digunakan kembali.

3. Cara Kalibrasi Baterai Android dengan Recovery

Cara Kalibrasi Baterai Android
Recovery Smartphone

Cara yang ketiga adalah melakukan kalibrasi baterai Android kalian dengan recovey.

Berbeda dengan 2 cara yang sebelumnya sudah dijelaskan cara kali ini terbilang seperti melakukan kalibrasi manual karena tidak membutuhkan aplikasi pembatu untuk melakukannya.

Download:  Cara Menulis Surat Lamaran

Cara ini seerti kalin melaukan reboot pada ponsel kalian jadi ada kemungkinan semuanya akan kembali seperti pengaturan pabrikan.

Untuk kalian yang ingin mencoba cara ini kalian bisa mengikut langkah langkah yang ada dibawah ini.

  • Pertama kalian harus menekan tombol power dan tombol volume bawah (-) secara bersamaan
  • Jika sudah akan muncul beberpa menu, kalian pilih Advanced Section
  • Lalu pilih Clear Stat Battery
  • Jika sudah matikan Hp kalian lalu isi daya sampai terisi penuh 100%
  • Jika sudah penuh 100% nyalakan ponsel kalian dan baterai kalian sudah manjadi kembali normal.

Demikianlah penjelasan singkat Cara Kalibrasi Baterai Android dengan manual atau dengan menggunakan aplikasi. Kalian bisa memilihcara mana yang bisa memudahkan kalian.

rexdl.id merekomendasikan kalian untuk menggunakan aplikasi saja karena dengan menggunakan aplikasi prosesnya lebih cepat dan juga mudah digunakan.

Namun jika kalian tidak ingin menggunakan aplikasi kalian juga bisa menggunakn cara yang lainnya.

Akan tetapi perlu kalian ingat sebelum melakukan kalibrasi kalian bisa mengecek baterai kalian terlebih dahulu. Mungkin saja ada dari kalian mengunakan smartphone yang bisa dengan mudah membuak casing belakang posel .

Jika baterai kalian sudah menggembung ada baik nya tidak perlu mengkalibrasi baterai karne hal ini akan sia sia jika kalian lakukan. Lebih baik kalian mengganti baterai yang baru karna ini lebih aman.

Semoga penjelasan diata bisa bermanfaat dan dapat membantu kalian semuanya. jangan lupa share artikel ini keteman teman kalian yang membutuhkan. Terima Kasih.

Download Aplikasi Lainnya

Rifki Nofriansyah Seorang remaja yang menyukai dunia teknologi, blogging dan ingin berbagi ilmu seputar game dan aplikasi