Pengertian Distribusi

3 min read

Pengertian Distribusi Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan, Jenis – Jenis, Tugas, Karakteristik, Ciri – Ciri, Kegiatan, Macam Macam dan Cara Penyalurannya.

Hai sobat rexdl.id dikesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian distribusi menurut para ahli, jenis, fungsi sampai cara penyaluran distribusi yang akan kita bahas dan juga kita jelaskan serta kita jabarkan seperti yang ada dibawah ini.

Pengertian Distribusi

Pengertian Distribusi

Distribusi adalah kegiatan di mana produsen mendistribusikan barang dan jasa kepada konsumen sehingga mereka banyak digunakan. Fungsi penjualannya berfungsi untuk mendekatkan produsen dengan konsumen, sehingga barang atau jasa di seluruh Indonesia atau di luar Indonesia dapat menjadi barang dan jasa ini.

Aktivitas penjualan adalah hubungan antara aktivitas produksi dan konsumsi. Pelaksana kegiatan penjualan disebut distributor. Dalam kegiatan ekonomi, penjualan adalah kegiatan yang menjangkau konsumen. Produk yang dibuat pabrikan untuk diserahkan ke tangan konsumen membutuhkan fasilitas yang umumnya dikenal sebagai pengecer.

Pada kenyataannya, produk yang diproduksi oleh produsen untuk menjangkau konsumen tidak selalu harus melalui pengecer. Namun, kegiatan penjualan memainkan peran penting dalam ekonomi modern.

Ini bahkan lebih berlaku untuk pengembangan lebih lanjut dari teknologi transportasi, yang mengarah pada hubungan internasional yang lebih dekat. Ini mengarah pada peran penjualan yang semakin penting, karena produk berada di dalam negeri, tetapi juga konsumen di luar negeri.

Pengertian Distribusi Menurut Para Ahli

Beberapa definisi saluran penjualan oleh para ahli:

• Alex S. Nitisemito

Saluran penjualan adalah lembaga penjualan atau saluran penjualan yang melakukan kegiatan untuk menjual barang atau jasa dari produsen ke konsumen.

Asosiasi Pemasaran Amerika

Saluran penjualan adalah struktur organisasi di dalam dan di luar perusahaan yang terdiri dari perwakilan, distributor, grosir dan pengecer dan dipasarkan melalui suatu produk, produk atau layanan.

• C. Gleen Walters

Saluran penjualan adalah sekelompok distributor dan agen perusahaan yang menggabungkan transfer fisik dan nama produk untuk menciptakan kegunaan untuk pasar tertentu.

• Warren J. Keegan

Saluran penjualan adalah saluran di mana produsen menjual produk produsen ke konsumen atau pengguna industri.

• Assauri

Saluran penjualan adalah lembaga yang memasarkan produk dalam bentuk barang atau jasa dari produsen atau konsumen.

Kotler

Saluran distribusi adalah sekelompok perusahaan atau individu yang memiliki produk atau membantu dalam pengalihan kepemilikan produk atau layanan ketika ditransfer dari produsen ke konsumen.

Fungsi Distribusi

Fungsi distribusi dapat dikelompokkan menjadi dua fungsi utama dan fungsi tambahan.

1. Fungsi utama dari distribusi

Fungsi utama distribusi adalah sebagai berikut.

• Angkutan barang

Secara umum, tempat produksi berbeda dari tempat konsumen. Perbedaan ini harus diatasi dengan aktivitas transportasi. Dengan pertumbuhan populasi dan kemajuan teknologi, kebutuhan masyarakat meningkat. Ini berarti bahwa barang yang didistribusikan semakin besar, sehingga dibutuhkan alat transportasi (alat transportasi).

Baca Juga:

• Untuk menjual

Saat memasarkan produk, selalu ada kegiatan penjualan produsen. Pengalihan hak dari produsen ke konsumen dapat terjadi dengan penjualan. Dengan kegiatan ini, konsumen dapat menggunakan produk.

• Untuk membeli

Setiap penjualan berarti aktivitas pembelian. Ketika barang dijual oleh produsen, pembelian dilakukan oleh orang yang membutuhkannya.

Penyimpanan

Sebelum barang didistribusikan kepada konsumen, biasanya disimpan terlebih dahulu. Untuk memastikan kelangsungan, keamanan, dan integritas produk, penyimpanan diperlukan.

Standarisasi standar kualitas untuk barang

Dengan setiap transaksi pembelian dan penjualan, banyak penjual atau pembeli selalu menginginkan kualitas, jenis, dan ukuran produk yang dibeli dan dijual.

Oleh karena itu, perlu dilakukan standarisasi baik jenis, ukuran maupun kualitas produk yang akan dipasarkan. Standarisasi (standardisasi) artikel ini dirancang untuk produk yang akan dipasarkan atau didistribusikan seperti yang diharapkan.

Pengambil risiko

Seorang pedagang beresiko kerusakan dan kerusakan barang.

2. Fungsi distribusi tambahan

Fungsi distribusi tambahan, yaitu sebagai berikut:

Memilih

Suatu kegiatan umumnya diperlukan untuk distribusi dan produksi produk pertanian yang dikumpulkan oleh berbagai pengusaha

• Pengemasan / pengepakan

Untuk menghindari kerusakan atau kehilangan selama distribusi, produk harus dikemas dengan benar.

• Menyediakan informasi

Untuk memberikan kepuasan konsumen maksimum, produsen harus memberikan informasi yang cukup kepada perwakilan regional atau konsumen yang menganggap informasi yang diperlukan itu diperlukan. Informasi yang paling tepat dapat diperoleh melalui iklan.

Tujuan Distribusi

Tujuan dari kegiatan penjualan yang dilakukan oleh individu atau institusi adalah sebagai berikut:

• Kelanjutan kegiatan produksi dapat dijamin.

Pabrik atau perusahaan memproduksi barang untuk dijual dan mendapatkan keuntungan dari penjualan yang digunakan kembali dalam proses produksi di mana manfaat diperoleh ketika ada pedagang.

• Hasil produksi Barang atau jasa dapat menguntungkan konsumen.

Barang atau jasa produksi tidak penting jika tetap berada di fasilitas pabrik. Barang atau jasa dapat menguntungkan konsumen jika kegiatan penjualan sudah ada.

Tugas Distribusi

  • Kewajiban untuk mengklasifikasikan atau memesan barang berdasarkan jenis, ukuran dan kualitas.
  • Kewajiban untuk memperkenalkan barang atau jasa yang dipasarkan kepada konsumen, hal. B. melalui papan iklan atau iklan.
  • Bertanggung jawab untuk membeli barang dan jasa dari produsen atau distributor besar.

Jenis Distribusi

Berdasarkan hubungan antara produsen dan konsumen, sistem distribusi dapat dibagi menjadi sebagai berikut:

• Penjualan langsung

yaitu, distribusi atau penjualan barang yang diekspor langsung dari produsen ke konsumen tanpa perantara.

• Distribusi tidak langsung

yaitu, distribusi atau penjualan barang dari produsen ke konsumen melalui perantara. Agen yang terlibat dalam kegiatan komersial adalah distributor, agen, broker dan agen.

Alternatif untuk menentukan jumlah pedagang

Setelah menentukan jumlah saluran penjualan yang akan digunakan, perusahaan / produsen harus menentukan jumlah perantara yang akan digunakan sebagai grosir atau pengecer. Dalam hal ini, pabrikan memiliki tiga opsi alternatif:

1. Distribusi yang intens

Distribusi intensif ini dapat dilakukan oleh produsen yang menjual produk konvensional. Perusahaan mencoba menggunakan pengecer, terutama pengecer, sebanyak mungkin untuk menargetkan dan menjangkau konsumen.

Semua ini dimaksudkan untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan konsumen. Dalam hal produk industri, distribusi intensif ini umumnya terbatas pada jenis peralatan atau produk standar lainnya, seperti obeng, minyak pelumas dan lain-lain.

2. Distribusi selektif

Perusahaan yang menggunakan distribusi selektif ini sedang mencoba untuk memilih sejumlah besar grosir / pengecer di wilayah geografis. Biasanya, saluran ini digunakan untuk memasarkan produk baru, bahan makanan atau produk khusus, serta barang-barang industri sebagai aksesori.

Baca Juga:

Penggunaan saluran penjualan selektif ditujukan untuk menghilangkan pemasok yang tidak menguntungkan dan meningkatkan volume penjualan dengan jumlah transaksi yang terbatas.

3. Distribusi eksklusif

Distribusi eksklusif ini dilakukan oleh perusahaan dengan hanya menggunakan grosir atau pengecer di area pasar tertentu. Oleh karena itu, produsen / pemasok hanya menjual produk mereka ke pedagang grosir atau pengecer. Secara umum, distribusi eksklusif ini banyak digunakan:

  • Untuk barang-barang khusus
  • Ketika pemasok siap membuat inventaris dalam jumlah besar sehingga pembeli dapat memilih produk yang akan dibeli dengan lebih bebas
  • Jika layanan pelanggan (pemasangan, perbaikan, dll.) Diperlukan untuk produk yang dijual, misalnya. B. pendingin udara (AC), kotak es, dll.

Contoh distribusi

  • Pedagang menjual berbagai jenis produk, seperti beras dan sayuran.
  • Ibu Ani memiliki toko roti, umumnya Ani menaruh rotinya di toko untuk menjualnya kepada konsumen.
  • Sang ibu meletakkan nasi kuning di posisinya.
  • Pertamina mendistribusikan bahan bakar pemanas di stasiun servis.

Itulah penjelasan singkat tentang Pengertian Distribusi yang sudah dijelaskan diatas. semoga bisa berguna dan juga bermanfaat untuk teman teman sekalian. Terima Kasih

Pengertian Dokumentasi

Sumber Rezeki
4 min read

Pengertian Kepribadian

Sumber Rezeki
3 min read

Pengertian Budaya

Sumber Rezeki
7 min read
SELAMAT DATANG
Selamat Datang di Website rexdl.id menyediakan Apk yang gratis untuk anda, jika ada link yang rusak silahkan email kami underpas88@gmail.com