Pengertian Gejala Sosial

3 min read

Pengertian gejala sosial menurut ahli, Jenis – Jenis, Dampak, Faktor Penyebab, dan contohnya – suatu keadaan yang terdapat pada lingkungan tempat tinggal yang terjadinya masalah sosial antar individu.

Hai sobat, kali ini rexdl.id akan menjelaskan tentang pengertian gejala sosial dengan faktor penyebab serta contoh yang terjadi dilingkungan tempat tinggal antar individu yang akan kita bahas dan juga kita jelaskan seperti yang ada dibawah ini.

Pengertian Gejala Sosial

Pengertian Gejala Sosial

Fenomena sosial adalah suatu keadaan yang ditandai dengan adanya masalah sosial yang bisa saja mempengaruhi serta dipengaruhi oleh setiap perilaku antar individu ayang ada pada lingkungan temapt tinggal mereka.

Fenomena sosial ini akan terjadi ketika ada perubahan sosial di masyarakat. Perubahan sosial ini dapat menimbulkan dampak negatif dan positif yang sulit dihindari. Karena itu, setiap orang harus berharap untuk menghadapinya.

Faktor Penyebab Gejala Sosial

Ada beberapa faktor yang menyebabkan fenomena gejala sosial ini, termasuk:

1. Faktor budaya

Faktor budaya ini didasarkan pada nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang dalam komunitas atau komunitas. Jadi ini membentuk pola pikir setiap orang di lingkungan.

Berikut ini adalah beberapa contoh fenomena sosial yang disebabkan oleh faktor budaya.

  • kemiskinan
  • layanan masyarakat
  • gotong royong
  • Perilaku menyimpang dan banyak lagi.

2. Faktor Struktural

Faktor struktural adalah keadaan yang memiliki dampak pada struktur, yang dipahami oleh struktur, yaitu sesuatu yang diatur oleh pola-pola tertentu. Faktor ini dapat diidentifikasi melalui pola hubungan antara orang dan kelompok dalam komunitas.

Berikut ini adalah fenomena sosial yang dipengaruhi oleh faktor struktural;

  • Hubungan antara individu dan orang.
  • Hubungan antara individu dan kelompok.
  • Hubungan antara kelompok dengan kelompok lain.
  • pendidikan sosial
  • Dan seterusnya.

Jenis Gejala Sosial

Jenis-jenis fenomena sosial meliputi:

• gejala sosial ekonomi

Penghasilan tinggi seseorang dapat menyebabkan gejala sosial di masyarakat. Dari perspektif ekonomi, fenomena sosial sangat terkait dengan ekonomi masyarakat. Ketika ada seseorang yang tidak dapat atau tidak dapat memenuhi kebutuhan Anda, ada berbagai gejala sosial di lingkungan Anda. Dari perspektif ekonomi, fenomena sosial dalam masyarakat termasuk pengangguran, kemiskinan, masalah populasi, dan lainnya.

Gejala sosiokultural.

Indonesia pada khususnya memiliki beragam budaya, jadi kita harus saling menghormati budaya masing-masing. Dengan perbedaan ini, Anda tidak merusak unit. Kita harus menghormati tidak hanya negara itu sendiri, tetapi juga perbedaan budaya dari negara lain. Keragaman budaya yang mengelilingi kita juga dapat menyebabkan fenomena sosial seperti kenakalan remaja, pemalsuan budaya asing negatif, dll.

• Gejala sosial dari lingkungan alam.

Fenomena sosial di lingkungan alam berkaitan dengan masalah kesehatan. Seseorang yang terkena penyakit ini dapat menyebabkan gejala sosial di daerah tersebut. Contoh gejala sosial yang ditimbulkan antara lain penyakit menular, kontaminasi dan lain-lain.

• Gejala psikologis sosial

Perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari dapat dipengaruhi oleh aspek psikologi. Ketika seseorang mengalami gangguan kejiwaan, itu menyebabkan gejala sosial di masyarakat, seperti jiwa yang terorganisir, bid’ah, dan lain-lain.

Baca Juga:

Dampak dari Gejala Sosial.

Fenomena sosial dapat memiliki berbagai efek pada orang, termasuk munculnya perubahan sosial dan budaya dalam masyarakat. Fenomena sosial memiliki efek positif dan negatif pada kehidupan sosial, berikut efek dan penjelasannya.

• Dampak positif

Gejala-gejala ini sulit dihindari, sehingga setiap orang harus merawatnya dengan hati-hati. Perubahan yang terjadi di masyarakat memiliki efek positif jika mereka diantisipasi dan ditanggapi dengan hati-hati.

Contohnya adalah kemajuan pesat dalam teknologi. Perubahan dan kemajuan teknologi memiliki dua sisi, sisi positif dan sisi negatif. Untuk mendapatkan manfaatnya, kita harus fokus pada sisi positif dari kemajuan teknologi ini.

Dengan kemajuan teknologi ini, berbagai kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan lebih mudah dan cepat. Misalnya, dalam hal komunikasi, kita bisa menggunakan ponsel, email dan lainnya.

• Dampak negatif

Tidak ada keraguan bahwa fenomena sosial juga memiliki dampak negatif pada manusia. Jika seseorang tidak dapat menerima perubahan, mereka akan mengalami kejutan budaya.

Kurangnya seseorang untuk beradaptasi dengan perubahan sosial menyebabkan orang itu melakukan perilaku menyimpang.

Contoh Gejala Sosial

• kemiskinan

Kemiskinan adalah keadaan seseorang yang tidak dapat mempertahankan standar hidup kelompok dan tidak dapat menggunakan energi mental atau fisik mereka dalam kelompok.

Kemiskinan juga dilihat sebagai kondisi bagi seseorang yang tidak memiliki cukup kekayaan untuk memenuhi standar hidup di lingkungan mereka. Adanya masalah kemiskinan ini muncul karena lembaga sosial di sektor ekonomi tidak berfungsi dengan baik.

• kejahatan

Kejahatan atau pelanggaran ini muncul melalui proses imitasi, pergaulan yang berbeda, kompensasi, identifikasi, citra diri dan kekecewaan yang agresif. Kejahatan juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak terkait dengan produktivitas.

• Masalah generasi muda masyarakat modern.

Masalah generasi muda masyarakat modern adalah keinginan untuk berperang dan apatis. Keinginan untuk berperang terwujud dalam sikap radikalisme. Sementara itu, sikap apatis, misalnya, secara membabi buta disesuaikan dengan standar moral generasi sebelumnya.

• Perang

Perang adalah suatu bentuk konflik antar kelompok atau komunitas, bahkan antar negara yang pada akhirnya berakhir pada akomodasi.

• Pelanggaran standar masyarakat.

Pelanggaran norma komunitas adalah pelanggaran norma dan nilai sosial yang umumnya terjadi di masyarakat. Contoh-contoh pelanggaran semacam itu bisa termasuk kenakalan remaja, alkoholisme, pelacuran korupsi, dan lainnya.

Perilaku korupsi

Korupsi bukan hal baru di Indonesia, tetapi sudah menjadi budaya di berbagai kalangan. Kami tidak hanya berbicara tentang korupsi di elit politik, tetapi juga di tingkat akar rumput.

Baca Juga:

Orang sering sadar atau tidak tindakan korupsi yang dapat merugikan pihak lain. Beberapa contoh perilaku korupi;

  • Sering terlambat bekerja / sekolah
  • Sering absen dari pekerjaan / sekolah
  • Tinggalkan pekerjaan lebih awal
  • Ambil sesuatu yang bukan hak Anda
  • Dan lain-lain

Perilaku masyarakat

Fenomena sosial paling umum yang kami temukan adalah perilaku orang-orang di berbagai kesempatan. Beberapa dari mereka;

  • Plagiarisme di kalangan siswa
  • Menghasilkan dan mendistribusikan pesan lelucon
  • Jaringan teman yang tertutup.
  • Dan lain-lain

Masalah anak muda

Sikap remaja ditandai oleh adanya dua karakteristik yang berlawanan, seperti keinginan untuk bertarung dan apatis. Sikap radikalisme, antara lain, keinginan untuk berperang. Sikap apatis adalah penyesuaian buta terhadap moralitas generasi muda.

Keluarga

Karena perbedaan pendapat keluarga, para anggotanya tidak memenuhi kewajiban yang sesuai dengan peran sosial mereka.

Bentuk disorganisasi adalah keluarga yang tidak lengkap dengan hubungan di luar nikah, perceraian, komunikasi yang buruk antara anggota keluarga, krisis keluarga karena kepala keluarga meninggal. Dan sebagai satu di keluarga Anda yang terkena gangguan mental atau gangguan mental

Pertarungan

Perang adalah konflik antara komunitas atau kelompok yang berakhir dengan akomodasi.

Itulah penjelasan tentang pengertian gejala sosial yang terjadi di masyarakat dengan contoh nya dan faktor penyebab nya yang sudah dijelaskan diatas. semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk teman teman sekalian. Terima Kasih.

Baca Juga:

Pengertian Dokumentasi

Sumber Rezeki
4 min read

Pengertian Kepribadian

Sumber Rezeki
3 min read

Pengertian Budaya

Sumber Rezeki
7 min read
SELAMAT DATANG
Selamat Datang di Website rexdl.id menyediakan Apk yang gratis untuk anda, jika ada link yang rusak silahkan email kami underpas88@gmail.com